Waibakul, Indosuar.com - Calon Bupati Sumba Tengah, Umbu S. Samapaty, SH, MH memastikan, bila dipercaya menjadi Bupati Sumba Tengah 5 tahun mendatang dalam Pilkada 27 Juni 2018 nanti, hanya dalam 100 hari pertama, seluruh masyarakat Sumba Tengah sampai ke kampung-kampung akan menikmati listrik. Demikian pula halnya dengan infrastruktur air bersih.

Bahkan dalam waktu dekat, tim survey dari pusat akan tiba di Sumba Tengah untuk lakukan survey awal sumber air tanah dan rencana pengerjaan instalasi.

Demikian disampaikan Umbu Kupang (UK), Sapaan akrab Calon Bupati Sumba Tengah yang berpasangan dengan Martinus Umbu Djoka, S.Hut ini meyakinkan dari Waibakul Sumba Tengah melalui pesan Whatsapp (WA) kepada Wartawan Indosuar.com, Rabu (14/2/2018).

Dijelaskan Umbu Kupang, saat ini, yang sangat mendesak dibutuhkan masyarakat Sumba Tengah adalah air bersih dan listrik untuk penerangan. "Selama ini masyarakat hanya mengandalkan air kali untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci dan bahkan untuk minum," tulisnya dalam WA yang diterima media ini tadi malam.

Calon Bupati yang diusung oleh PDIP dan PBB ini menambahkan, rakyat di daerah perkampungan hanya menggunakan lampu pelita dengan bahan bakar minyak tanah untuk penerangan di malam hari. 

"Masyarakat di kampung-kampung tidak bisa mengggunakan peralatan elektronik seperti handphone, radio/tape, soundsystem dan lain-lain, karena jaringan listrik belum sampai ke sana," imbuhnya.

Untuk mengatasi kedua kebutuhan mendesak tadi, UK menjelaskan, dirinya bahkan sudah membangun komunikasi dengan Pihak-pihak terkait di jakarta. Sehingga paling lama dalam kurun waktu satu 1 tahun pertama, listrik sudah menyala di seluruh kampung.

Selain itu, UK menambahkan, pembukaan jalan akses ke kampung-kampung akan menjadi program prioritasnya yang akan segera dieksekusi bersama Calon Wakil Bupati, Martinus Umbu Djoka, bila sudah terpilih nanti. (Mike)