Kota Kupang, IndoSuar.com - Ajang Lomba Kompetensi Mata Pelajaran Sains, atau Olimpiade Sains Siswa tingkat Kota Kupang (OSK) yang rutin dilaksanakan setiap tahun, hari ini dimulai. Acara Lomba dibuka CHRISTINA M. A. Gero, S.S., M. Hum, Kepala Seksi SMA UPT Wilayah I bertempat di SMAN 4 Penfui Kupang, Rabu (28/2/2018).

Dalam laporannya, Koordinator Pengawas (Korwas) SMA Kota Kupang menyampaikan, Mata Pelajaran yang dilombakan tahun ini, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, sebanyak 9 mata pelajaran, yakni Matematika, FISIKA, Kimia, Biologi, Ekonomi, Astronomi, Geografi, Kebumian, dan Informatika.

Selain itu, disampaikan, jumlah peserta OSK tahun ini meningkat dari tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya diikuti oleh 129 orang siswa dari Sekolah-sekolah tingkat SMA Kota Kupang, tahun ini meningkat menjadi 383 orang siswa.

Lomba OSK ini akan berlangsung hanya 1 hari dimulai jam 9 pagi sampai jam 13:00 wita. Seorang guru SMAN 4 Kupang yang ditemui Wartawan indoSuar.com sehari sebelumnya, mengatakan, dengan jumlah peserta sebanyak itu, dibutuhkan 21 ruang kelas. Sehingga praktis sekolahnya diliburkan satu hari penuh, karena hampir semua ruang kelas digunakan.

Christina Gero dalam sambutannya, mewakili Kepala UPT Wilayah I Dinas Pendidikan Provinsi NTT mengatakan bahwa Secara umum pelaksanaan Olimpiade Sains SMA Kota Kupang secara umum bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di bidang sains secara komprehensif melalui penumbuh-kembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas.

"Saya mengharapkan, dari Kota Kupang, ada siswa yang bisa memperoleh nilai terbaik sehingga dapat mewakili Wilayah I yang nantinya akan berlaga di tingkat Provinsi. Dan kalau bisa, akan menang terus dan dapat mewakili Provinsi NTT di tingkat Nasional nantinya," ujar Kasie SMA Wilayah I ini optimistis. (Mann)