Yayasan Adyaksa Kupang membuat perubahan besar di awal tahun ini. Perubahan ditandai pelantikan Lincia Duma, S.Pd sebagai Kepala SMP Adyaksa 2 Kupang yang baru, menggantikan pejabat lama Imanuel L. Maure, S.Pd, M.M yang sudah memangku jabatan Kepala Sekolah selama 8 tahun.

Perubahan lain adalah penghapusan Bendahara Sekolah yang selama ini dirasa kurang efektif dan kurang sinkron dengan Bendahara Yayasan, sehingga nantinya hanya ada satu bendahara, yaitu bendahara Yayasan.

Hal ini dilakukan agar sistem keuangan menjadi lebih tertib dengan alur satu pintu. Sistem keuangan nanti akan menganut 1 pintu. Semua pemasukan dan pengeluaran sekolah dan Yayasan akan 1 pintu. Uang SPP, Sumbangan Pembangunan dari siswa akan langsung masuk ke rekening Yayasan. Demikian pula dengan gaji guru yang akan langsung ditransfer oleh Bendahara Yayasan ke rekening masing-masing guru.

Dengan perubahan dan perombakan yang dilakukan, diharapkan sekolah-sekolah dibawah naungan Kejaksaan Tinggi NTT, khususnya SMP Adyaksa 2 dapat meningkatkan mutu layanan dan mutu output serta statusnya menjadi lebih baik, bahkan bisa sejajar dengan sekolah-sekolah Favorit yang ada di NTT.

Hal ini disampaikan Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Provinsi NTT, Alex Roilan, SH, M.Hum, selaku Ketua Yayasan Adyaksa NTT di Aula Lopo Sasando Kejaksaan Tinggi NTT, Jalan Polisi Militer Oepoy Kupang, Kamis (1/3/2018).

Acara pelantikan Kepala SMP Adyaksa 2 yang diawali pembacaan Surat Keputusan (SK) dan Sumpah Jabatan Pejabat yang dilantik ini dihadiri pula Ketua Yayasan Kristen Mercusuar, Pdt. Hendri Riadi Yap, M.Th, Kepala SMA Kristen Mercusuar Kupang, Drs. Soleman Dapa Taka, MA dan Kepala SMP Kristen Mercusuar Kupang, Beritanya Ledoh, S.Pt.

Selain itu, Hadir pula para Pejabat dan Staf Kejaksaan Tinggi NTT, para guru SMP Adyaksa 2 Kupang, Rohaniawan Kristen Protestan dan undangan lainnya.

Seperti disaksikan Wartawan IndoSuar.com, setelah acara Sumpah Jabatan Pejabat yang dilantik, Ketua Yayasan Adyaksa NTT membacakan Kata-kata Pelantikan.

"Pada hari ini 1 Maret 2018, bertempat di Aula Sasando Kejaksaan Tinggi NTT, saya melantik Ibu Lincia Duma, S.Pd menjadi Kepala SMP Adyaksa 2 yang baru. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi kekuatan lahir bathin kepada Kepala Sekolah yang baru, untuk dapat bekerja dengan baik untuk memajukan SMP Adyaksa 2 Kupang demi kepentingan Nusa dan Bangsa," ujar mantan Kejari di dua tempat berbeda di luar NTT ini.


Dalam sambutannya usai acara penanda tanganan berita acara pelantikan dan serah terima pejabat lama kepada pejabat yang baru, Alex Roilan, mengatakan, hari ini adalah hari istimewa. Pasalnya, selama ini belum pernah ada acara pelantikan Kepala Sekolah yang ada di bawah naungan Kejaksaan Tinggi seperti ini.

"Ini baru pertama kali terjadi di NTT. Ini merupakan moment baik sekali. Ini menandakan Yayasan Adyaksa Kupang sangat peduli dengan SMP Adyaksa 2 Kupang. Untuk itu, kami akan selalu mendorong para guru dan kepala sekolah untuk memajukan kualitas pendidikan bagi anak didik kita," tandas Asisten Bidang Pembinaan Kejati NTT yang baru bertugas di wilayah ini selama 1 tahun lebih.

Ditambahkan, selama menjabat Ketua Yayasan Adyaksa Kupang sejak lebih dari 1 tahun yang lalu, telah dicapai juga perubahan nama Yayasan dari Yayasan Tridaya menjadi Yayasan Adyaksa kupang. Menurut pria ramah asal Palembang ini, hal ini merupakan petanda baik. Karena sekolah-sekolah Adyaksa sudah punya yayasan sndiri.

"Ini tidak terlepas dari upaya dan jasa baik Bapak Kepala Kejaksaan Tinggi NTT atas perjuangannya beliau, sehingga kita akhirnya mempunyai Yayasan sendiri, tandasnya.

Dalam sambutannya, Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi NTT ini juga menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Kristen Mercusuar Kupang atas kerjasama yg baik selama ini, terutama atas diijinkannya Ibu Lincia Duma, S.Pd yang merupakan salah satu guru senior SMA Mercusuar untuk diambil dan diangkat menjadi Kepala SMP Adyaksa 2 Kupang.

"Kami sampaikan trima kasih. Semoga kerja sama yang ada dapat berlanjut terus dalam bentuk-bentuk lain demi peningkatan mutu kedua lembaga pendidikan," ujarnya.

Disampaikan juga, selama ini status akreditasi SMP Adyaksa 2 Kupang mengalami penurunan, dari status akreditasi B menjadi C. Untuk itu, kepada Kepsek yang baru diminta agar menaikkan kembali status akreditasi ke peringkat yang lebih baik.

"Saya ucapkan terima kasih juga kepada Bapak Imanuel L. Maure, spd. M.M yang sudah memimpin sekolah ini selama 8 tahun. Kepada Ibu Lincia, saya ucapkan selamat atas pelaktikannya. Selamat datang dan bergabung di SMP Adyaksa 2. Mohon bantuan kerja keras dan pemikirannya untuk memajukan SMP Adyaksa 2 Kupang," imbuhnya. (Mann)