NUSANTARALINE.COM, KUPANG - Survei opini pakar bertajuk "Mencari Kandidat Gubernur Terbaik NTT", yang dirilis oleh LPP UI, Marianus Sae muncul sebagai kandidat gubernur terbaik NTT. Marianus adalah figur yang mendapat penilaian terbaik dari 302 responden.  Hal ini mengemuka dalam keterangan yang disampaikan di Hotel Neo by Aston Kupang, Minggu (26/11/2017)

Pada dimensi integritas moral, Kristo Blasin berada di peringkat pertama dengan nilai rata-rata 7,04. Peringkat kedua adalah Marianus Sae dengan nilai rata-rata 6,57, dan Christian Rotok di peringkat ketiga dengan nilai rata-rata 6,44.

Pembahasan rilis survei dimoderatori oleh Dr. Rufus Patty Wutun (akademisi Undana Kupang). Hadir tiga orang pembahas, yaitu Prof. Dr. Hamdi Muluk (Ketua LPP UI), Dr. David BW Pandie (akademisi Undana Kupang) dan Mikhael Rajamuda Bataona (akademisi Unwira Kupang).

Hamdi Muluk mengatakan, survei ini bentuk partisipasi publik yang rutin dilakukan oleh LPP UI dengan tujuan agar adanya iklim seleksi kepemimpinan yang lebih baik, selain mendorong partai politik agar dapat mencalonkan kandidat-kandidat terbaik di pilgub demi kemajuan Provinsi NTT.

Dalam penyampaian rilis menyebutkan bahwa Marianus Sae dinilai para pakar sebagai kandidat terbaik hampir di semua aspek. Aspek visioner, kemampuan memimpin, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan politik, dan kemampuan komunikasi politik. Sedangkan Kristo Blasin dinilai terbaik untuk aspek integritas moral, gaya kepemimpinan dan temperamen (emotional stability).

Secara lebih rinci, untuk dimensi kompetensi, Marianus Sae berada di peringkat pertama dengan nilai rata-rata 7,22, diikuti Kristo Blasin di peringkat kedua dengan nilai rata-rata 6,88 dan Christian Rotok di peringkat tiga dengan nilai rata-rata 6,82. **