NUSANTARALINE.COM, KUPANG - Calon Gubernur NTT, Ir. Esthon Leyloh Foenay, menyebut ternak sapi yang dihasilkan masyarakat Desa Merbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, NTT itu berkualitas terbaik di Indonesia. Untuk itu, Esthon yang adalah jebolan Fakultas Peternakan (Fapet) Undana ini meminta warga Merbaun agar kualitas itu tetap dijaga.

"Merbaun adalah gudang ternak dan tenun ikat. Potensi ini mesti dimaksimalkan dengan benar demi kesejahteraan masyarakat. Ternak dan tenun asal Amarasi saya bisa sebut sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Potensi yang sangat besar ini didukung oleh alam yang sangat berlimpah sumber dayanya," kata Esthon.

Dengan potensi yang ada, Esthon meminta agar Pemerintah Desa Merbaun memiliki program prioritas. Program, kata Esthon, tidak perlu muluk-muluk dan banyak, tapi program itu harus langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

"Sesuai program kami yang pro rakyat, yakni membangun desa dan desa membangun, maka masyarakat dan pemerintah di desa harus kreatif. Buat program prioritas sesuai kondisi dan kekayaan desanya. Dan, jangan lupa, takut akan Tuhan harus diutamakan," kata Esthon.

Tokoh masyarakat Desa Merbaun, Daniel Laisanu, pada kesempatan itu, mengatakan, apa yang disampaikan Esthon Foenay sangat padat dan berisi. Pemimpin seperti Esthon, katanya, sangat dibutuhkan masyarakat.

"Esthon sangat memahami apa yang diinginkan masyarakat. Sederhana, kaya pengalaman, pintar dan selalu mengandalkan Tuhan dalam semua pekerjaanya. Terima kasih kepada Pak Esthon yang sudah mengunjungi desa kami," ujarnya. **